Kebijakan Hard Cluster

Diposting oleh uyo pulsa on Senin, 13 Agustus 2012

     
hard cluster


    Hard Cluster adalah kebijakan dari operator pulsa yang kontroversial. Dikarenakan banyak penjual pulsa dari pemain server hingga pengecer menjadi kesulitan stok saat akan menjual pulsanya. Hard Cluster mulai terdengar saat salah satu operator menerapkan kebijakan ini dan berujung pada demo besar-besaran.



     Mengapa hard cluster begitu dibenci? Karena hard cluster ibarat memutus tali pancing. Dulu penjual bisa menjual pulsanya ke mana saja, sekarang dibatasi per kecamatan. Sedangkan ruang lingkup kecamatan itu sangat kecil. Pemain server yang memiliki downline di seluruh Indonesia banyak yang kebingungan malah hingga gulung tikar. Downline yang menginduk pada server pun ikut-ikut bingung karena tidak bisa berjualan lagi.

    Lalu bagaimana solusinya? Sebaiknya para pemain server pulsa dan pedagang pulsa melakukan dialog dengan operator terkait. Apabila tidak berhasil tentu saja membutuhkan mediasi dari pemerintah. Jangan sampai kebijakan sepihak dan monopoli seperti itu membuat banyak orang kehilangan lahan usaha dan pekerjaanya.


Terima kasih telah membaca artikel di blog ini. Silakan copas dan sebarkan tetapi jangan lupa cantumkan link blog ini. ya. :)



Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar